ageninfinesse.net/ | Mencegah diabetes melitus dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari melakukan olah fisik setiap hari sampai dengan menghindari makan – makan yang dapat mengundang penyakit kencing manis ini. Benar jika penyakit dibetes melitus yang sering disingkat dengan DM ini orang mengenalnya dengan penyakit kencing manis. Hal ini dikarenakan kadar gula dalam darah berlebih sehingga dapat mengakibatkan seseorang terserang penyakit yang cukup mematikan tersebut. 

Ada dua jenis penyakit diabetes melitus yaitu DM tipe 1 dan DM tipe 2. Perbedaan dari kedua jenis penyakit kencing manis ini adalah jika tipe satu dipengaruh oleh faktor genetik sehingga sering menyerang anak – anak dan orang dewasa. Sedangkan diabetes melitus tipe dua adalah dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti gaya hidup yang tidak sehat dan lain sebagainya. tentu secara logika penyakit DM tipe 2 ini menyerang orang dewasa dan lanjut usia.

Cara Mencegah Diabetes Melitus

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Melitus
 
DM tipe 1 dan DM tipe 2 dapat menyerang pria ataupun wanita, Namun diabetes melitus Gestasional adalah penyakit DM yang hanya menyerang wanita saat hamil. Maka dari itu, Seorang wanita hamil diharapkan selalu mengontrol kadar gula darahnya agar terhindar dari penyakit ini. Karena memang cukup sulit bagi wanita yang sedang hamil untuk mengontrol nutrisi yang dibutuhkan di dalam tubuh. Diabetes melitus gestasional dapat hilang secara otomatis saat seorang wanita melahirkan. Namun bagi perempuan yang pernah menderita DM gestasional ini akan sangat beresiko saat dia hamil kembali.

Cara mencegah diabetes melitus dari kedua tipe di atas serta DM Gestasional dapat dilakukan dengan metode yang sama. Sehingga sangatlah penting untuk mengetahui informasi mencegah penyakit kencing manis ini. Karena memang penyakit tersebut merupakn jenis penyakit yang cukup berbahaya. Apalagi dalam beberapa kasus bahwa para penderita DM ini juga terjangkit penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung, kanker dan gagal ginjal. 

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Melitus

Penyakit diabetes melitus dapat menjadi gerbang dari jenis penyakit mematikan lainnya. Maka dari itu, anda harus berfikir ulang untuk memperbaiki gaya hidup anda. Apalagi jika biaya dari pengobatan penyakit kencing manis ini tidak sedikit. Hem, jadi pusing kan pala berbie. Meskipun anda ikut program BPJS dari pemerintah. Namun itu tidak menjamin kesembuhan dari penyakit tersebut. Apalagi jika pasien dari BPJS sering kali dipandang sebelah mata oleh rumah sakit.
 
Biar tidak panjang dan lebar tentang pembahasan cara menghindari penyakit diabetes melitus. maka perhatikan beberapa keterangan beriku ini;

1. Berolahraga secara rutin

Dengan melakukan olah raga anda dapat menjaga kesehatan anda. Karena dengan berolahraga maka tubuh kita akan banyak membakar kalori yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya diabetes dan memperkecil risiko terkena penyakit kencing manis tersebut.

2. Turunkan Berat Badan

Obesitas adalah salah satu penyebab diabetes yang cukup tinggi. dengan berat badan yang berlebih maka akan memicu beberapa penyakit seperti kronis lainnya seperti jantung. Ketika tubuh terkena penyakit jantung maka potensi terkena penyakit diabetes juga akan semakin tinggi. Jika kondisi tersebut terjadi maka Anda dapat menurunkan berat badan dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur.

3. Hindar Minuman Alkohol.

Alkohol merupakan salah satu penyebab berbagai jenis penyakit dalam tubuh seperti jantung, stroke, kanker hati dan penyakit lain. Karena itulah bahaya alkohol dapat meningkatkan potensi diabetes.

4. Batasi Makanan Olahan

Makanan olahan memang rasanya sangat enak dan mudah didapatkan di mana saja dan kapan saja. Namun ternyata makanan olahan tersebut belum tentu sehat bagi tubuh yang mana dapat meningkatkan resiko penyakit jantung seta diabetes. Makanan olahan juga mengandung berbagai jenis bahan makanan tambahan yang bisa mengacaukan sistem metabolisme dalam tubuh.

Cara Mencegah Diabetes Melitus 

5. Batasi Konsumsi Daging Merah

Mengonsumsi Daging merah yang berasal dari sapi, domba, kerbau, dan babi ternyata dapat beresiko terkena diabetes melitus. Daging merah tidak mudah diterima oleh tubuh termasuk dalam proses metabolisme. Untuk menghindari resiko ini maka sebaiknya anda dapat ganti daging merah dengan daging unggas.

6. Ganti Sumber Karbohidrat dengan Memakan Biji-Bijian

Sumber karbohidrat yang berasal dari tanaman gandum serta biji-bijian dapat menjadikan enzim pencernaan sulit merubah pati menjadi glukosa. Proses ini akan menjadikan tubuh mendapatkan kadar gula dengan proses yang lebih lama dari lainnya. Jika hal tersebut terjadi maka tubuh akan memproses insulin sesuai dengan kebutuhan. Dengan cara demikian maka resiko terkena penyakit kencing manis dapat dikurangi. beberapa jenis makanan yang dapat digunakan untuk menggantikan karbohidrat nasi adalah gandum, sereal, jagung dan ubi.

7. Berhenti Merokok.

Rokok dapat meninggalkan nikotin dalam saluran pernafasan yang kemudian akan diambil oleh darah. Darah mengandung nikotin dapat merusak sistem insulin pada pankreas sehingga sangat beresiko terkena diabetes. 

8. Hindari Mengkonsumsi Terlalu Sering Minuman Manis

Minuman manis yang mengandung gula serta bahan pemanis buatan bisa meningkatkan resiko terkena diabetes. Minuman manis memang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi namun dalam jumlah yang tidak overload. Minuman manis berlebih akan meningkatkan kadar glikemik dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan resiko obesitas dan diabetes.

9. Hindari mengonsumsi terlalu sering makanan berpengawet 

Selain minuman manis yang beresiko terkena penyakit diabetes melitus. anda dapat mencegah penyakit kencing manis ini dengan menghindari minuman yang mengandung soda dan berbagai bahan pengawet. 

10. Lakukan Berbagai Macam Aktifitas Fisik

Dengan melakukan aktifitas fisik seperti berenang, bersepeda, menyapu halaman minimal 20 menit sehari dapat menghindari tubuh dari penumpulan lemak, resiko obesitas dan membuat jantung menjadi lebih sehat. Melakukan aktifitas fisik membuat tubuh kita semakin cepat dalam produksi insulin yang digunakan untuk membantu menormalkan kadar gula dalam darah. Sehingga cara mencegah kencing manis dapat dilakkan dengan cara ini.

11. Hindari Kebiasaan Bermalas – malasan.

Terlalu banyak duduk serta tidur – tiduran akan memicu timbunan lemak dalam tubuh sehingga Anda bisa mengalami obesitas. Jadi, Selalu bergerak dan aktifitas fisik paling tidak hanya berjalan-jalan akan membuat simpanan kalori dalam tubuh bisa dibakar menjadi tenaga. Mak dari itu, Mencegah penyakit kencing manis ini dapat dilakukan dengan giat beraktifitas.

12. Atur Porsi Makan

Pada dasarnya dalam setiap satu piring makan harus terdiri dari seperempat bagian protein, sayuran, dan karbohidrat plus buah – buahan. Dengan memerhatikan porsi tersebut maka kita juga memerhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengatur porsi makanan dengan jumlah yang kecil dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi bisa mengurangi resiko diabetes. Karena pada dasarnya lebih makan sedikit namun berulang dari pada makan kebanyakan dan kekenyangan.

13. Konsumsi Lemak Tak Jenuh Ganda

Lemak tak jenuh ganda adalah jenis lemak yang ditemukan pada beberapa jenis kacang-kacanga, ikan salmon, biji-bijian, ikan sarden dan beberapa jenis ikan lain . Lemak ini dapat membantu tubuh dalam mencegah diabetes. 

14. Hindari mengkonsumsi makanan dengan jenis minyak trans 

Mengonsumsi makanan dengan kandungan minyak trans seperti minyak sawit dan margarin akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan meningkatkan resiko diabetes. Maka dari itu, anda dapat melakukan pencegahan penyakit DM dengan menghindari makanan jenis ini.

15. Batasi Makanan yang Digoreng

Sebenarnya hampir mirip dengan pembahasan di atas. yang mana juga termasuk jenis makanan yang mengandung banyak lemak. Lemak dapat meningkatkan resiko penyakit jantung yang berarti bahwa resiko diabetes juga akan meningkat. Untuk menggantikan makanan dengan cara digoreng anda sebaiknya mengganti cara memasak makanan dengan direbus atau dikukus. karea memasak dengan direbus atau dikukus juga dapat mencegah penyakit kanker, Penurunan fungsi ginjal dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

16. Selalu Perhatikan Label Makanan

Jika Anda membeli makanan kemasan maka sebaiknya perhatikan label nutrisi yang tercantum. Biasanya beberapa nutrisi dicantumkan dalam daftar makanan seperti kalori, karbohidrat, gula, dan berbagai jenis vitamin lain. Untuk menghindari makanan yang banyak mengandung kalori serta gula maka amati semua daftar label tersebut. Sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan dalam kemasan.

17. Konsumsi Makanan Berserat

Makanan yang mengandung serat akan menjadikan sistem metabolisme tubuh berjalan dengan lancar. Organ pencernaan dapat bekerja secara maksimal serta zat penting yang berasal dari makanan dapat digunakan oleh tubuh dengan cepat. Makanan berserat juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan menjaga organ pencernaan. Dengan cara makan makanan berserat maka resiko terkena penyakit diabetes melitus akan menjadi lebih rendah. beberapa makanan berserat antara lain adalah sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

18. Hindari Setres dan selalu beribadah

Munkin cara menghindari penyakit diabetes melitus yang satu ini terlihat aneh. Namun bagi kita yang hidup beragama. Mungkin cara tersebut adalah cara yang paling ampuh. Karena dengan melakukan ibadah dengan rajin dan rutin maka fisik dan jiwa kita akan terhindar dari penyakit. Baik penyakit dohir maupun batik

Sangat penting bagi anda mengetahui cara mencegah penyakit diabetes melitus di atas. Karena dengan memahami ulasan di atas. anda juga dapat mempraktikkan beberapa cara tersebut. Karena seperti pepatah, melakukan pencegahan lebih baik dari pada mengobati. termasuk halnya pada pencegahan penyakit kencing manis ini. Namun jika terdapat Tanda dan gejala diabetes melitus yang sudah saya jelaskan sebelumnya maka anda bisa dengan segera datang ke dokter untuk melakukan Pengobatan.

Demikian ulasan singkat seputar Cara Mencegah Penyakit Diabetes Melitus dengan Mudah dan Efektif yang dapat kita sampaikan. Guna dijadikan sebagai sumber informasi buat anda yang sekarang sedang butuh banget dengan ulasan ini. Baik untuk makalah diabetes melitus maupun hanya sekedar bahan bacaan saja. Terimakasih atas kunjungan anda terhadap blog tips hidup sehat dan cantik. Semoga bermanfaat.

18+ Cara Mencegah Penyakit Diabetes Melitus dengan Mudah & Efektif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan WhatsApp