ageninfinesse.netCara Mencegah Kanker Serviks Secara Alami lengkap dengan ciri – ciri penderita, pencegahan dan pengobatan kanker serviks, – Kanker serviks atau yang disebut sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang paling mematikan di dunia. Setidaknya  Data Globocan pada tahun 2012 menunjukkan ada sekitar 26 wanita di Indonesia yang meninggal setiap harinya karena disebabkan oleh kanker serviks. Ini artinya, setiap 1 jam setidaknya seorang wanita meninggal. data ini juga didukung dengan dengan data WHO yang menyebutkan jika ribuan wanita indonesia meniggal setiap tahunnya.
 
Untuk di Asia tenggara. indonesia merupakan negara yang mayoritas wanitanya menderita kanker serviks. Wanita yang sudah menikah akan berisiko tinggi terkena kanker serviks. Karena saat berhubungan seksual, HPV akan mudah menular. Human papilloma Virus (HPV) adalah penyebab dari kanker serviks. virus HPV tipe 16 dan 18 menjadi penyebab yang paling banyak membunuh seorang wanita. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, menggunakan wc umum yang terkena virus HPV, bisa menjadi penyebab seorang wanita yang menggunakannya jika tidak membersihkannya dengan baik.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Cara Mencegah Kanker Serviks
Penyebab kanker serviks pada wanita
 
Penyebab utama seorang wanita yang terkena penyakit kanker serviks adalah kebiasan buruk yang dia lakukan. Seperti melakukan hubungan intim dengan bergonta – ganti pasangan ataupun dengan pasangan yang melakukan hubungan intim dengan banyak wanita, sering merokok (baik rokok pasif maupun aktif), Melakukan hubungan intim di usia kurang dari 16 tahun. karena data menjelaskan jika seorang wanita berhubungan intim sebelum umur 16 tahun akan beresiko 2 kali terkena penyakit kanker serviks. dan masih banyak lagi faktor lain yang menjadi penyebab terkena penyakit kanker serviks seperti penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang cukup lama, kurangnya asupan vitamin c dan vitamin e serta kurangnya asupan asam folat.
 
Faktor keturunan juga menjadi penyebab seorang wanita terkena penyakit kanker serviks. faktor keturunan yang dimaksud adalah jika dari keluarga anda terkena penyakit kanker serviks maka anda juga berpotensi terkena penyakit yang mematikan ini. Seperti ibu, nenek, kakak dan lain sebagainya. Kemudian, seorang wanita yang sering melahirkan juga berpotensi terkena penyakit kanker serviks.
 
Penyanyi Julia Perez atau yang sering kita kenal dengan panggilan Jupe adalah salah satu wanita yang menderita penyakit kanker serviks. Pada November 2014 lalu, Julia Perez mengabarkan bahwa dia terkena kanker serviks. Tiga bulan kemudian setelah selesai berobat ke Singapura, Julia Perez dinyatakan sembuh dari kanker serviks. Namun, setahun kemudian jupe dinyatakan terkena kanker serviks lagi yang kini sudah memasuki stadium akhir.
 
Ciri ciri seorang wanita terkena kanker serviks
 
Sebelum kita membahas tetang cara mencegah kanker serviks secara alami, alangkah baiknya kita juga mengetahui ciri – ciri seorang wanita yang terkena penyakit kanker serviks ini sebagai berikut;

  • Akan terasa sakit saat buang air kecil
  • Sering merasakan sakit pada daerah pinggul
  • Mengalami keputihan yang abnormal yang disertai pendarahan dengan jumlahnya berlebih
  • Saat menstruasi, darah yang keluar dalam jumlah yang banyak dan berlebih
  • Saat berhubungan intim akan terasa sakit, bahkan diikuti perdarahan.
  • Perempuan yang terkena kanker serviks stadium lanjut akan mengalami rasa sakit pada bagian paha atau salah satu paha mengalami bengkak, nafsu makan menjadi sangat berkurang, berat badan tidak stabil, susah untuk buang air kecil, mengalami pendarahan.
Human papilloma Virus (HPV) menyerang organ intim wanita membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk menjadi penyakit. Virus ini membutuhkan sekitar 10 – 20 tahun agar infeksi yang disebabkan oleh virus ini dapat berubah menjadi penyakit yang berbahaya yaitu kanker serviks. Maka dari itu, Seorang wanita yang masih belia sekitar umur 19 tahun sampai wanita yang usia lanjut. yang mana mereka pernah berhubungan badan diharapkan untuk melakukan Screening atau pap smear untuk kanker serviks.
 
Metode Screening atau pap smear berguna untuk mendeteksi sel-sel yang berpotensi menjadi kanker. Pap smear leher rahim bukanlah tes untuk penyakit kanker. Melainkan tes ini hanya memeriksa kesehatan sel-sel pada leher rahim. Kebanyakan hasil tes pada wanita menunjukkan hasil normal. Dirasa penting bagi setiap wanita untuk melakukan pencegahan kanker serviks sejak dini.

Cara Mencegah Kanker Serviks Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah kanker serviks secara alami yang sering dilakukan oleh para wanita dari penjuru dunia sesuai dengan saran yang diberikan oleh dokter; 
  • Jika anda belum pernah melakukan hubungan intim, Maka sebaiknya melakukan vaksinasi HPV.
  • Hindari berhubungan intim saat masih usia dini.
  • Jalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan bergizi.
  • Selalu menjaga kesehatan tubuh dengan rutin berolahraga.
  • Selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.
  • Berhenti Merokok.
  • Saat berhubungan intim menggunakan kondom.
  • Lakukan pemeriksaan pap smear minimal lakukan selama 2 tahun sekali.
  • Hindari Minum minuman es saat menstruasi.
  • Gantilah celana dalam secara rutin minimal 2x satu hari.
  • Gunakan pembalut yang menggunakan bahan baik, yang berkualitas, dan tidak berbau.
  • Jangan memegang area intim jika dalam kondisi tangan kotor.
  • Pada saat haid, ganti pembalut sesering mungkin, usahakan maksimal 3 jam satu kali, jika lagi deras bisa 2 jam sekali.
  • Hindari makan makanan yang menyebabkan lendir keputihan berlebihan seperti Mentimun.
  • Hindari penggunaan tisu di toilet umum, karena kemungkinan telah tercemar berbagai virus.
  • Hindari membersihkan organ vital dengan toilet umum, kebersihan air sangat tidak terjamin.
  • Hindari penggunaan sabun di toilet umum selesai buang air kecil atau buang air besar, karena PH kulit dan sabun tentu berbeda.
  • konsumsi vitamin c dan vitamin e.
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan sayuran yang kandungan beta karotennya cukup banyak. Seperti kubis hijau, kubis putih, brokoli, bunga kol, selada air, maupun kol ungu.
Untuk menghindari agar anda tidak terkena penyakit kanker serviks maka Cara mencegah kanker serviks di atas dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari – hari anda. Namun jika anda sudah terkena penyakit kanker maka ada baiknyaperhatikan ulasan pengobatan kanker serviks berikut.
Cara Mencegah Kanker Serviks secara alami
Pengobatan kanker serviks
 
Jika terdeteksi kanker serviks stadium awal, maka pengobatan yang dilakukan adalah dengan cara menghilangkan kanker serviks tersebut dengan melakukan pembedahan, baik pembedahan laser, listrik atau dengan cara pembekuan dan membuang jaringan kanker serviks (cyrosurgery)
 
Namun jika terdeteksi terkena kanker serviks stadium lanjut maka dilakukan pengobatan dengan cara kemoterapi serta radioterapi, dan jika sudah terdeteksi cukup parah, maka yang dilakukan adalah mengangkat rahim (histerektomi) secara menyeluruh agar kanker tidak berkembang. 
 
Demikian ulasan singkat seputar cara mencegah kanker serviks secara alami yang dapat kita sampaikan, Guna bisa digunakan untuk sumber informasi anda dalam masalah kanker serviks ini. Karena informasi penyebab, ciri – ciri penderita, cara pencegahan kanker serviks, pengobatan ini sangatlah penting. Terimakasih atas kunjungan anda terhadap tips hidup sehat dan cantik. Semoga bermanfaat.
 
Catatan: Untuk mendapatkan informasi seputar kanker serviks, ada baiknya anda mendatangi rumah sakit terdekat atau menghubungi organisasi yang fokus pada urusan kanker, seperti Yayasan Kanker Indonesia.

Cara Mencegah Kanker Serviks Secara Alami (Semua Wanita Wajib Tahu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan WhatsApp