ageninfinesse.net/ | Tanda dan Gejala Diabetes Melitus – Diabetes melitus merupakan penyakit jangka panjang yang kronis dengan ditandai oleh kadar gula darah (glukosa) diatas normal. Gula darah normal seseorang adalah 140 mg/dl. Glukosa merupakan salah satu zat sangat penting bagi kesehatan kita karena menjadi sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh kita.
 
Glukosa merupakan kadar gula namun bukan gula biasa yang sering tersedia di toko atau pasar. Yang banyak dijual di toko adalah sukrosa dan ini berbeda dengan glukosa. Glukosa dapat ditemukan pada minuman ringan dan buah-buah tertentu. Glukosa ialah karbohidrat yang digunakan tubuh untuk sumber energi. Kadar gula darah hanya terdiri dari kadar glukosa darah dan tidak adanya kadar fruktosa, maltosa, sukrosa dan laktosa.
Tanda dan Gejala Diabetes Melitus

Gejala Diabetes Melitus

Kadar glukosa dalam darah dikendalikan oleh beberapa hormon. Hormon merupakan zat kimia di dalam badan yang mengirimkan sesuatu dari sel ke sel lainnya. Insulin merupakan hormon yang dibuat oleh pankreas. Ketika anda makan, maka pankreas mencetak insulin untuk mengirimkan sesuatu ke sel-sel lainnya di tubuh. Insulin ini yang memerintahkan beberapa sel untuk mengambil glukosa dari darah. Glukosa digunakan oleh sel-sel sebagai pembuatan energi.
 
Berbagai penyakit atau sindrom dari disebabkan oleh diabetes melitus diantara adalah Hipogonadisme, Alzheimer, ataxia-telangiectasia, penyakit Huntington, sindrom Down, kelainan mitokondria, penyakit Parkinson, distrofi miotonis, sindrom Prader-Willi, sindrom Wolfram, sindrom Werner, leukoaraiosis, hipotiroidisme, demensia, hipertiroidisme, dan lain-lain. 
 
Maka dari itu, sangatlah penting untuk menjaga kadar gula darah anda agar tetap sehat. dengan mengatur pola makan anda serta rutin berolah raga. Namun tidak ada salahnya jika anda tetap mengetahui gejala dari diabetes militus atau yang sering disebut dengan ciri – ciri atau tanda – tanda seseorang terkena penyakit diabetes. berikut penjelasannya;

Tanda dan Gejala Diabetes Melitus

Sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui gejala awal diabetes militus. Baik bagi seseorang yang berisiko tinggi terkena penyakit mematikan ini maupun bagi anda yang merasa sehat dan tidak memiliki riwayat atau potensi mengidap diabetes militus. Berikut adalah gejala diabetes melitus;
Ciri - ciri penyakit Diabetes Melitus

1. Sering Merasa Haus (Polidipsia).

  • Seseorang yang menderita penyakit diabetes akan merasakan gejala polidispia yaitu Keinginan untuk sering minum secara terus menerus. hal ini dikarenakan adanya rasa haus. Gangguan hormon serta banyak buang air kecil menjadi pemicunya.

2. Sering Buang Air Kencing (Poliuria).

  • Gejala sering buang air kecil sangatlah nampak bagi para penderita diabetes melitus. Hal ini dikarenakan adanya gangguan dalam produksi insulin. Karena gangguan pada pasien kencing manis / diabetes melitus adalah gangguan insulin tersebut. Jika insulin tidak ada atau hanya berjumlah sedikit maka ginjal tidak bisa menyaring glukosa untuk kembali ke dalam darah. Sehingga menyebabkan ginjal mengambil tambahan air dari darah untuk menghancurkan glukosa. Hal ini menjadikan kandung kemih cepat penuh dan hal tersebut secara otomatis akan membuat para penderita DM akan sering kencing atau buang air kecil.

3. Banyak Makan (Polifagi).

  • Ciri – ciri diabetes melitus yang satu ini menjadikan seseorang untuk mudah merasa lapar sehingga akan terpacu untuk banyak makan. Namun yang aneh disini adalah, meskipun banyak makan tetapi tenaga dari penderita kurang sehingga cendrung lemah dan lemas. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Pada penyakit diabetes, insulin sudah bermasalah, zat gula tetap tinggi pada aliran darah karena tidak bisa masuk ke sel-sel tubuh yang sebenarnya akan dijadikan sebagai sumber energi. Dengan demikian, otak akan menganggap bahwa sel-sel tubuh kelaparan sehingga timbullah rasa lapar dan selalu ingin makan

4. Sering kesemutan pada kaki atau tangan.

  • Tanda-tanda neropati pada pasien diabetes melitus yang seringkali dirasakan adalah kesemutan di kaki dan tangan. Hal ini terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu karena glukosa dalam darah tinggi akan merusak sistem saraf. penderita diabetes tipe 2 (Diabetes faktor aya hidup) kejadiannya secara bertahap, dan orang-orang sering tidak menyadari bahwa itu salah satu pertanda. Kondisi gula darah tinggi telah terjadi beberapa tahun sebelum seseorang itu mengetahui bahwa dirinya telah terkena Diabetes Melitus. Kerusakan saraf dapat menyebar tanpa pengetahuan para penderita kencing manis ini.

5. Berat Badan Akan Cepat Menurun.

  • Tanda dan gejala diabetes melitus yang sangat kelihatan selanjutnya adalah berat badan menurun drastis. Gejala tersebut akan dirasakan oleh para penderita diabetes tipe 1 ( Diabetes faktor genetik). Pankreas dari penderita diabates berhenti membuat insulin, akibat serangan virus pada sel-sel pankreas atau respons autoimun yang membuat tubuh menyerang sel-sel yang memproduksi insulin. Hal ini berakibat tubuh akan kesulitan mencari sumber energi karena sel-sel tidak memperoleh glukosa. Kemudian tubuh mengadakan adaptasi dengan cara mulai memecah jaringan otot dan lemak untuk energi sehingga berat badan terus menyusut. Pada penderita diabetes tipe 2 (faktor perubahan gaya hidup), penurunan berat badan terjadi secara bertahap dengan peningkatan resistensi insulin sehingga penurunan berat badan tidak begitu terlihat

6. Kelelahan Kelemahan (Poliphagia).

  • Pada penderita penyakit diabetes mellitus akan merasakan bahwasannya tubuhnya akan sering dan cepat merasa lemah. Salah satu penyebabnya ialah produksi glukosa terhambat sehingga sel-sel makanan dari glukosa yang seharusnya didistribusikan ke semua sel tubuh untuk membuat energi, tidak berjalan dengan baik dan optimal. Karena sel energi tidak mendapat asupan sehingga orang dengan kencing manis / diabetes melitus akan merasa cepat lelah.

7. Kulit Kering dan bila terjadi luka akan lama proses penyembuhannya.

  • Bila diperhatikan maka para pasien dengan diabetes melitus memiliki tanda khas yang ada pada kulitnya yaitu kulit akan cenderung kering. Maka dari itu, memberikan pendidikan tentang penyakit diabetes melitus ini sangat penting demi si pasien dapat mengatur sendiri kadar gula darahnya.
Adapu tanda lain dari penderita penyakit kencing manis ini adalah sebagai berikut;

8. Mulut kering

Tanda Penyakit kencing manis yang selanjutnya adalah sering merasa mulut kering sehingga merasa haus secara terus menerus

9. Sakit kepala

Tanda penyakit kencing manis yang sering dialami oleh para penderita adalah sakit kepala. Namun sakit kepala ini sering dialami dan tidak wajar

10. Penglihatan kabur / menurun

Penglihatan menurun adalah gejala yang dialami oleh para penderita para penyakit kencing manis. Jika anda terganggu dengan penglihatannya dan merasa ada gejala penyakit ini anda bisa datang ke dokter terdekat untuk periksa penyakit anda.

11. Sering mengalami infeksi jamur

Ciri selanjutnya untuk penderita penyakit ini adalah sering mengalami infeksi jamur. Baik di bagian kaki maupun di bagian tubuh anda yang lain

12. Impotensi atau disfungsi ereksi (ED) pada pria

Seorang pria jika menderita kencing manis maka dia akan disfungsi ereksi atau impotensi. dan ini menjadi hal yang paling buruk bagi seorang pria.

13. Penyembuhan Luka lambat

para penderita Kencing manis jika memiliki Koreng atau luka maka penyembuhannya akan lambat (butuh waktu lama bahkan tak kunjung sembuh)

14. Sering mengalami gatal pada kulit

Bagi penderita kencing manis sering mengalami gatal pada kulit, biasanya pada daerah vital atau selangkangan

15. Perubahan warna kulit menjadi gelap

Ciri ciri orang yang mengalami kencing manis adalah warna kulit menjadi gelap yang biasanya terjadi di sekitar leher, ketiak, dan selangkangan, disebut nigricans acanthosis.

Kesimpulan

Sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui tanda dan gejala diabetes melitus. agar kita dapat mengantisipasi. serta selalu mengatur pola makan kita dengan tetap memerhatikan gula darah yang ada dalam tubuh. 15 Gejala diabetes militis di atas bisa anda perhatikan.
Demkian ulasan singkat seputar cri – ciri penderita penyakit diabetes melitus atau kencing manis. guna dijadikan sebagai bahan informasi untuk anda. Baca juga: Tips Diet Sehat Ala Dr. oz Indonesia. Terimakasih atas kunjungan anda terhadap blog tips hidup sehat dan cantik. semoga bermanfaat.

√ 15+ Tanda dan Gejala Diabetes Melitus, Anda Wajib Tahu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan WhatsApp