ageninfinesse.net/ | Kanker Mulut; Gejala, Penyebab, Cara Mencegah & Pengobatannya – Kanker mulut atau Oral Cancer merupakan sejenis kanker yang tumbuh di sekitar mulut. Kanker mulut / kanker bibir bisa berkembang di setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring. Sebagian besar kanker mulut diawali di sekitar lidah dan di dasar mulut. Hampir semua kanker mulut diawali dengan sel datar (sel skuamosa) yang menutupi permukaan mulut, bibir dan lidah.
Kanker mulut disebut dengan karsinoma sel skuamosa. Ketika kanker menyebar oral (metastasizes), biasanya perjalanan melalui sistem limfatik. sel-sel yang memasuki sistem limfatik terbawa oleh getah bening, cairan, jelas berair. Sel-sel kanker sering muncul pertama pada kelenjar getah bening terdekat di leher. Sel kanker dapat menyebar ke bagian lain dari leher, paru-paru, dan bagian lain dari tubuh. tumor baru mempunyai jenis yang sama sebagai sel-sel abnormal seperti tumor primer. Sebagai contoh, jika kanker mulut menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker di paru-paru sama sel-sel kanker mulut. (Sumber: Wikipedia)
 
Kanker mulut menjadi salah satu penyakit yang cukup ditakuti oleh semua orang. hal ini dikarenakan cepat menyebar ke seluruh tubuh. Jika seseorang sudah terjangkit kanker mulut / kanker bibir maka dimungkinkan akan menyerang anggota tubuh lainnya jika tidak segera ditangani oleh dokter. Seperti kanker paru – paru, kanker payudara, kanker serviks dan lain sebagainya. Maka dari itu, mengetahui gejala kanker mulut sejak dini, memahami penyebab seseorang terkena kanker mulut, cara mencegah kanker mulut dan pengobatannya menjadi keharusan bagi kita semua. Berikut ulasan dari kanker bibir;

Gejala Kanker Mulut

Gejala Kanker Mulut
Seperti penyakit kanker pada umumnya, Gejala kanker mulut pada saat masih stadium awal masih sulit dideteksi. Namun, anda perlu waspada jika mengalami tanda-tanda seperti:
  • Sakit tenggorokan.
  • Mengalami kesulitan saat bicara.
  • Bercak merah atau putih dalam mulut.
  • Sariawan yang mengalami pendarahan.
  • Perubahan suara atau cara bicara.
  • Rahang yang terasa kaku atau sakit.
  • Rasa sakit dalam mulut, terutama lidah.
  • Gigi yang goyang tanpa penyebab yang jelas.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada leher.
  • Rasa sakit atau sulit menelan serta mengunyah.
  • Sariawan yang tidak kunjung sembuh dalam beberapa minggu.
  • Benjolan atau penebalan pada dinding dalam mulut yang tidak kunjung hilang.
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening yang leher yang tidak sembuh-sembuh.
Ciri Ciri Penderita kanker mulut akan cenderung sulit dikenali karena hampir mirip dengan indikasi penyakit lain. Namun anda tetaplah waspada dan segera periksa diri ke dokter jika gejala-gejala di atas tidak kunjung sembuh selama lebih dari 3 minggu. khususnya bagi orang yang perokok berat atau yang sering mengonsumsi minum minuman keras.
Setelah anda mengetahui gejala kanker mulut / kanker lidah maka ada baiknya anda mengetahui tahapan dari penyakit kanker karena memang gejala stadium awal cukup sulit dikenali oleh penderitanya. dikarenakan memiliki kemiripan dengan penyakit ringan yang sering menyerang seseorang seperti sariawan, sakit gigi, sakit pada bagian gusi.
Tahapan Penyakit Kanker Mulut Seperti jenis kanker lainnya, yaitu ada 4 tahapan atau stadium, berikut penjelasannya:
  • Tahap 1 dan 2 menunjukkan bahwa tumor masih berukuran kecil. Pada tahap ini, sel-sel kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening.
  • Tahapan 3 dan 4 dianggap stadium lanjut kanker. Dalam tahap ini, tumor sudah berukuran besar dan sel-sel kanker telah menjalar ke kelenjar getah bening atau bagian tubuh lainnya.

Penyebab Kanker Mulut

Kanker mulut disebabkan oleh beberapa faktor yang sering kali dikarenakan adanya perubahan abnormal atau mutasi pada perkembangan sel-sel dalam mulut atau bibir. Penyebab di balik mutasi ini belum diketahui secara pasti. Meski demikian, kanker mulut ini sering disebabkan oleh gaya hidup seseorang yang tidak sehat seperti
  • Pola makan yang jelek.
  • mengalami infeksi HPV (human papillomavirus).
  • Mengonsumsi minuman keras secara berlebihan.
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh.
  • Mengunyah buah pinang
  • Menggunakan segala jenis tembakau, seperti rokok, cerutu, serta tembakau kunyah.
  • Kebersihan mulut yang tidak terjaga, misalnya membiarkan gigi berlubang atau gusi yang mengalami infeksi.
Salah satu negara dengan kasus kanker mulut terbesar adalah India. Beberapa riset dilakukan untuk mengetahui bagaimana kasus ini menjadi semakin tinggi di negara India. Dan jawabannya adalah kebiasaan beberapa masyarakatnya untuk mengunyah tembakau. Perpaduan pinang dan tembakau membentuk efek toksin yang menjadi penyebab kanker mulut.

Cara Mencegah Kanker Mulut

Melakukan Pencegahan penyakit kanker adalah langkah yang tepat sebelum terkana penyakit yang sangat berbahaya ini. karena seperti pepatah mencegah lebih baik dari pada mengobati. Untuk itu, perhatikan cara mencegah kanker mulut diambil dari situs health.detik.com yang dilansir Best Health, Selasa (2/10/2012) Berikut penjelasannnya.

1. Hindari minum minuman beralkohol

Perkembangan Kanker mulut akan meningkat seiring meningkatnya kuantitas dan lamanya seseorang mengonsumsi alkohol.

2. Periksa gigi dan mulut

Periksakan kondisi gigi dan mulut Anda ke dokter gigi secara rutin setidaknya setiap 6 bulan sekali dan meminta untuk dilakukan skrining kanker mulut agar dapat mendeteksi kanker sejak dini.

Cara Mencegah Kanker Mulut

3. Batasi ekspos terhadap sinar matahari

Gunakan perlindungan terhadap sinar matahari pada bibir Anda ketika berada di bawah sinar matahari. Paparan sinar matahari secara berulang bisa meningkatkan risiko terkena kanker bibir, terutama bibir bagian bawah. 
 

4. Hindari rokok atau mengunyah produk tembakau

Nikotin yang terkandung dalam produk tembakau bukan hanya dapat merusak paru-paru tetapi juga mulut. Nikotin akan membuat kondisi mulut menjadi asam dan tidak sehat, sehingga dapat meningkatkan risiko kanker mulut. 
 

5. Makan makanan anti kanker

The American Institute for Cancer Research merekomendasikan untuk makan banyak kacang-kacangan, biji rami, bawang putih, anggur, teh hijau, buah, sayuran berdaun hijau gelap, kedelai dan tomat untuk mencegah kanker. Diet dan pemenuhan nutrisi adalah salah satu cara pencegahan kanker yang tepat.
 

6. Selalu sikat gigi secara teratur

Risiko berkembangnya sel kanker pada mulut dapat dikurangi dengan menjaga kesehatan mulut. yaitu dengan selalu menggosok gigi anda dan melakukan flossing secara teratur.
 

7. Berolahraga secara teratur

Gaya hidup sehat dengan sering berolahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah kanker di seluruh tubuh, termasuk kanker mulut.
 

8. Kurangi mengolah makanan dengan menggoreng

Ganti cara pengolahan makanan dengan menggoreng dan memanggang menjadi merebus atau mengukus. Gunakan bumbu sehat seperti bubuk bawang putih, jahe dan kunyit untuk menambah rasa.
 

9. Melakukan pemeriksaan sendiri

seperti halnya pemeriksaan kanker payudara yang dapat dilakukan sendiri. Kanker mulut juga dapat diperiksa sendiri di rumah, dengan cara membuka mulut lebar-lebar di hadapan cermin dan memeriksa seluruh bagian mulut, termasuk bagian belakang dan sisi-sisi lidah. Jika Anda melihat atau merasakan sesuatu yang abnormal seperti benjolan, benjolan putih, bercak merah atau abu-abu. Maka segera periksa ke dokter gigi untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

Pengobatan Kanker Mulut

Pengobatan kanker mulut akan bervariasi tergantung pada stadium dari kanker mulut tersebut. Secara umum pelaksanaan pengobatan kanker mulut yang dipercaya efektif hingga saat ini adalah sebagai berikut: 
  • Pengobatan pada tahap awal biasanya berupa pembedahan untuk mengangkat tumor, atau kelenjar getah bening yang terserang kanker, dan jaringan lain di sekitar mulut dan leher yang terlibat.
  • Selanjutnya dilakukan terapi Radiasi yang bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker dengan memberikan radiasi sekali atau dua kali sehari, lima hari seminggu, selama dua sampai delapan minggu (tergantung pada ukuran tumor).
  • Terapi selanjutnya adalah kombinasi antara terapi radiasi dan kemoterapi. Kemoterapi adalah pengobatan dengan obat yang membunuh sel-sel kanker. Obat ini diberikan dalam bentuk oral (diminum) atau melalui intravena (IV) atau infus. Bisa dilakukan dengan rawat jalan atau pun rawat inap di rumah sakit.
Selain terapi di atas, memberikan nutrisi yang cukup kepada tubuh anda adalah bagian terpenting penting dari pengobatan kanker mulut. Anda dapat berkonsultasi ke dokter mengenai makanan yang baik untuk Anda. Tentunya yang mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan. Kemudian setelah anda melakukan itu semua, Langkah terakhir adalah dengan menjaga kebersihan mulut. Pastikan bahwa mulut Anda tetap terbasahi (lembab) dengan cukup minum dan menjaga gigi dan gusi agar tetap bersih. Ini juga menjadi kunci keberhasilan pengobatan. 

Kesimpulan

Kanker Mulut menjadi salah satu penyakit yang sangat mematikan di dunia, Kanker mulut adalah penyakit kanker yang berada di mulut. Gejala kanker mulut salah satunya adalah sering merasa sakit di tenggorokan. Meskipun ada gejala lain yang sudah saya jelaskan seperti di atas. Penyebab dari kanker mulut juga cukup beragam, salah satunya adalah terkena HIV atau pola makan yang jelek. cara mencegah kanker seperti pada pembahasan di atas yaitu salah satunya menjaga pola makan. Terkait penyembuhannya adalah melalui operasi atau bedah kanker.
Demikian ulasan singkat seputar gejala kanker mulut, penyebab kanker mulut, cara mencegah kanker mulut dan cara mengobati kanker mulut. Setidaknya informasi di atas bisa dijadikan sebagai sumber pengetahuan anda saat seputar penyakit yang cukup mematikan ini. Karena seperti penyakit kanker pada umumnya. tingkat penderita kanker mulut setiap tahunnya selalu mengingkat seiring dengan gaya hidup seseorang yang kurang sehat. Terimakasih atas kunjungan anda terhadap blog Tips hidup sehat dan cantik. Semoga bermanfaat.

√ Kanker Mulut; Gejala, Penyebab, Cara Mencegah & Pengobatannya!
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan WhatsApp